Jangan Terjebak Mitos Seputar Kanker Payudara

Jangan Terjebak Mitos Seputar Kanker Payudara

VIVAnews – Kanker payudara bisa dikatakan penyakit yang paling ditakutkan kaum wanita. Salah satu penyebabnya adalah gaya hidup tidak sehat. Jika selama ini Anda mengetahui penyebab lain kanker payudara pastikan itu bukan sekadar mitos.

Untuk itu, ketahui mitos-mitos yang beredar seputar kanker payudara. Tentu saja agar pemahaman Anda tentang kanker payudara tidak salah. Selain itu, Anda juga harus mengetahui fakta seputar kanker payudara.

Mitos 1 : Kanker payudara hanya disebabkan genetik

Fakta :  Lebih dari 70% wanita yang terdiagnosa kanker payudara tidak memiliki riwayat penyakit kanker pada keluarganya. Meskipun sering juga ditemukan adanya riwayat penyakit kanker pada keluarga. Tetapi hal itu menunjukan, siapapun bisa terkena kanker payudra, termasuk Anda. Dan, penyebab kanker payudara bukan hanya faktor genetik.

Mitos 2 : Mengenakan bra berkawat tingkatkan risiko kanker payudara

Fakta : Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa penggunaan bra berkawat meningkatkan resiko kanker payudara. Jadi tidak ada hubungan antar penggunaan bra berkawat dengan kanker payudara.

Mitos 3 : Kanker selalu berbentuk benjolan

Fakta : Kanker payudara tidak selalu berbentuk benjolan. Jika ada perubahan warna atau perubahan lain pada payudara yang mencurigakan, segera periksakan ke dokter. Jangan menunda jika dokter menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan mammogram, ultrasonografi, atau biopsi.

Mitos 4 : Menggunakan deodorant memicu kanker payudara

Fakta : The American Cancer Society meragukan mitos ini, untuk membuktikannya dibutuhkan penelitian lebih lanjut. Mitos ini banyak dipercaya, tetapi sampai saat ini, penelitian mendetail mengenai hubungan antara deodorant sebagai kanker payudara.

Mitos 5: Payudara kecil beresiko kecil terkena kanker payudara

Fakta : Tidak ada hubungan antara ukuran payudara dengan resiko terkena kanker. Payudara ukuran kecil maupun besar sama resikonya. Tetapi, jika payudara yang berukuran sangat besar terkena kanker memang lebih sulit diobati dibandingkan dnegan payudara kecil. Tidak perduli ukuran payudara Anda, selalu periksa payudara secara teratur.

Mitos 6 : Kafein pemicu kanker payudara

Fakta : Kafein bukan pemicu kanker payudara. Tidak ada hubungannya antara mengonsumsi kafein dengan kanker payudara. Bahkan ada penelitian yang menunjukan kalau kafein mengurangi risiko terkena kanker